7 Langkah Tepat Mempromosikan Konten Blog dengan Efektif
iBlogger.id - Promosi merupakan aktivitas yang jangan kamu lewatkan, karena dengan promosi blog kamu bisa dikenal dan bisa menjadi populer. Kegiatan promosi sebaiknya mendapatkan porsi 80% dan membuat konten 20%. Artinya jika kamu membuat 1 konten dalam waktu 5 jam, maka waktu yang harus disediakan untuk mempromosikan konten tersebut adalah 20 jam.
Lalu langkah apa saja yang harus dilakukan supaya konten yang dipromosikan bisa menjadi populer ?
1. Perkuat Fondasi Blog kamu
Langkah ini merupakan langkah paling awal sebelum melakukan promosi blog kamu, kamu sendiri harus mampu membangun fondasi yang kuat, berupa konten yang lengkap dan terbaik dibandingkan konten yang disajikan kompetitor lain. Misalnya, jika kompetitor lain hanya membahas topik tersebut dari A sampai D, maka usahakan kamu melebihinya mungkin kamu bisa bahas dari A sampai Z. Kesuksesan sebuah blog bergantung dari kualitas konten tersebut.
Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib kamu persiapkan dalam membangun fondasi kuat blog mu
a. Menyajikan Konten berkualitas
Konten yang lengkap dan berkualitas sangat penting, karena mana mungkin pengunjung mau datang bila tulisan yang kita promosikan sangat tidak berkualitas. Sajikan informasi yang informatif dalam kontenmu, sehingga bisa membuat pengunjung dengan sukarela men share tulisanmu, dan rela untuk mem-bookmark blogmu serta membuat pengunjung rela berlama lama di blogmu. Sehingga peluang pengunjung tersebut untuk datang kembali sangat besar.
Sebagai informasi, bahwa jika konten blogmu banyak dibookmark oleh pengunjung menggunakan google chrome dan pengunjung betah di blogmu maka akan memperbaiki kualitas dari bounce rate blog mu, dan secara tak langsung search engine akan menilai blog mu adalah blog yang berkualitas.
baca juga 8 Cara Membuat Konten Blog SEO Friendly
# Apa saja ciri-ciri konten yang berkualitas?
DI internet sudah banyak blogger yang membahas tentang apa itu konten berkualitas, bagaimana cara membuat konten yang berkualitas dan seperti apa sih konten yang berkualitas itu ?
Jika masih bingung seperti apa konten yang berkualitas, nah berikut ini adalah cici ciri konten berkualitas menurut google
1. konten dilengkapi data dan fakta dari sumber yang valid
2. Membahas dengan langkap sehingga pengunjung mendapatkan informasi yang penuh
3. Lebih bermanfaat dan lebih lengkap dibandingkan konten yang dibuat kompetitor lain
4. DIbuat oleh manusia bukan robot (AGC)
5. Konten informatif, menarik serta orisinil
b. Pilih judul yang menarik dan membuat visitor kepo
Memilih judul yang menarik merupakan salah satu strategi konten marketing. Promosi akan terasa efektif apabila kita dapat memancing rasa kepo pembaca sehingga pembaca dengan rela mengunjungi blog kita. Apabila kamu mengandalkan google dalam mendapatkan visitors, judul artikel tak perlu berada di posisi pertama, cukup berada di halaman pertama namun dengan judul yang menarik perhatian
Pada saat ini algoritma google sudah berevplusi menjadi factor UX atau User Experience. Memang sudah dibuktikan bahwa konten tanpa backlink, bila presentase CTR suatu konten blog tinggi dan bounce rate (waktu tinggal di blog) cukup baik maka secara tidak langsung search engine akan menilai bahwa konten blog mu berkualitas. Kemudian lambat laun posisi jdul pada halaman pencarian akan berada di posisi teratas.
Banyak sekali kriteria pada factor UX ini, namun pada dasarnya adalah membuat konten yang dapat membuat pengunjung berlama lama di blog mu sehingga search engine akan menilai baik terhadap blogmu.
Lalu bagaimana caranya membuat judul konten yang menarik ?
- Dapat memancing rasa kepo pembaca , dalam hal ini kamu bisa menggunakan kata kata yang unik dan yang tidak biasa pada judul konten
- Memiliki pesan manfaat, seperti 7 langkah, 7 tips dan trik, cara tepat …. Dll
- Mengandung kata kata yang sensasional, seperti terjitu, paling ampuh, dsb
- Usahakan judul konten dapat muncul dengan penuh di hasil pencarian search engine. Maksimal jdul konten adalah 65-70 karakter, bila melebihi secara otomatis akan dipotong hingga 70 karakter saja.
2. Promosi Menggunakan Mesin pencari (Search Enggine)
Banyak para pemilik blog yang rela mengeluarkan dana ekstra untuk mempromosikan blog miliknya supaya popular, tapi ada satu strategi promosi yang sangat murah dan gratis, yaitu promosi melalui search engine.
Nah berikut ini adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan konten blogmu di search engine
a. Daftarkan blog kamu pada search engine populer
Alasan mengapa harus mendaftar pada search engine yang popular karena supaya blog lebih cepat terindex dan dikelani search engine. Apabila sudah dikenali maka konten tersebut memiliki peluang yang besar untuk ditemukan pada hasil pencarian sehingga trafik akan meningkat. Teknik ini adalah salah satu teknik mempromosikan konten blog paling murah namun efektif
Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mendaftarkan blog di search engine popular seperti yahoo, google, dan bing
b. Libatkan SEO off page dan on page pada konten blog mu
SEO off page maupun on page harus dilibatkan supaya memperoleh hasil yang optimal. Sehingga konten blogmu akan sangat mudah ditemukan di halaman pertama search engine
3. Promosi menggunakan Email
Promosi dengan email list adalah strategi konten marketing yang digunakan oleh sebagian besar para marketer dunia. Strategi ini ampuh dan efektif dalam meningkatkan trafik selain itu pengunjung tersebu adalah pengunjung yang paling up to date terhadap blogmu. Email list akan membuat informasi konten terbaru akan sampai ke pembaca dengan mudah. Tugas mu adalah bagaimana kamu dapat membuat pembaca dengan rela memasukan emailnya ke kotak subscribe blogmu.
Berikut ini adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan subcriber
a. Menyediakan kotak subscriber
Dengan adanya kotak subscriber maka setiap pembaca mempunyai kesempatan untuk berlangganan konten blogmu.
b. Memaksa dengan tidak langsung
Perlu dilakukan sedikit trik untuk memaksa pengunjung supaya berlangganan yaitu dengan menyediakan konten dalam bentuk pdf dan hanya bisa didownload dengan cara memasukan email mereka ke kotak berlangganan. Cara ini banyak digunakan oleh situs situs besar.
c. Mengadakan seminar
Dengan mengadakan seminar kamu bisa memperoleh data email mereka dengan cara setiap peserta harus memasukan data email dan kamu juga harus menginformasikan bahwa sewaktu waktu kamu akan mengirimkan informasi tertentu lewat email yang mereka daftarkan.
Lalu bagaimana caranya mempromosikan konten melalui email ?
Promosi menggunakan email dapat berupa notifikasi melalui email kepada pembaca bahwa ada konten baru yang telah terbit. Berikut ini adalah beberapa tool khusus yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan konten melalui email:
a. Feed burner
Tool ini adalah kepunyaan google, memiliki fungsi untuk memberikan notifikaasi kepada subcriber bahwa ada update terbaru melalui email.
b. Aweber
Berbeda dengan feed burner, Aweber merupakan tool yang berbayar. Kelebihannya adalah kamu bisa melakukan otomisasi promosi melalui email dan membuat tampilan custom email dengan desain yang kamu inginkan
4. Promosi di media sosial
Untuk menjaring visitor, menggunakan sarana media sosial menjadi pilihan yang efektif. Meskipun begitu banyak yang belum menerapkan teknik ini dengan baik. Melakukan share di media sosial pada jam dan tempat yang tepat akan menjadi efektif dalam menjaring visitors. Usahakan untuk tidak melakukan spam, karena selain berdampak buruk pada popularitas blog, juga pembaca enggan untuk mengunjungi blog kamu.
Media sosial yang kamu gunakan bebas namun harus menjaga etika dan jangan dianggap sebagai tukang spam. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan share di media sosial
baca juga Optimasi Sosial Media Untuk Promosi Blog
baca juga Optimasi Sosial Media Untuk Promosi Blog
a. Perhatikan minat para pembaca.
b. Pada tahap awal lakukan promosi secara halus dan pelan-pelan.
Berikut ini beberapa platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan konten di blog mu
## Facebook
Sampai saat ini media sosial facebook masih menjadi primadona dan menjadi media sosial dengan anggota terbanyak. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan konten blogmu. Tapi kamu harus tau persis strategi yang tepat dan efektif untuk mempromosikan konten di blog mu
Berikut ini adalah cara yang efektif untuk mempromosikan konten blog di media sosial:
-Mencari grup yang sesuai dengan tema blogmu
APabila blog mu membahas mengenai kesehatan, kamu harus bergabung dengan grup yang ada kaitannya dengan kesehatan. BErgabung dengan grup yang sesuai dengan konten akan memiliki peluang besar pembaca akan mengunjungi blogmu. Juga jangan lupa untuk mengikuti aturan yang berlaku di grup tersebut.
- Membuat fanspage facebook
Fanspage facebook dapat mewakili konten yang ada di blogmu. Kamu bisa melakukan dengan share otomatis ke FP facebook, sehingga setiap kali kamu melakukan update, kontenmu akan muncul secara otomatis di fanspage facebook. Jangan lupa juga untuk mempromosikan fanspage blogmu di grup facebook.
-Share artikel anda di group facebook
Untuk memperoleh hasil yang maksimal, coba lakukan beberapa tips di bawah ini
- Lakukan monitoring tehadap percakapan pada group, ketika ada pertanyaan kamu bisa berkontribusi dengan memberikan jawaban yang informatif dan secara tidak lagsung akan menaikan reputasi blog mu di grup tersebut
- Berikan jawaban bila ada pertanyaan terhadap dirimu, selain itu beuatlah status yang sifatnya mendidik dan tanpa menyelipkan backlink
- Apabila kamu ingin melakukan share link di grup, share link dari situs apapun yang mengandung infromasi yang bermanfaat
- Sesekali bagikan link yang mengarah ke blogmu, jangan menggunakan judul pada kotk postingannya tapi berikan kalimat ajakan supaya pembaca tertarik untuk mengunjungi kontenmu
## Promosi di twitter
Untuk promosi di twitter, sama halnya di facebook. Jangan terlalu melakukan share berlebihan.
## Promosi di Google+
MEdia sosial Google+ adalah medsos milik google, mirip Facebook, namun memiliki manajemen spam yang sangat baik. LAkukan promosi otomatis dengan mengaitkan blogmu dengan profil G+, jadi setiap update maka otomatis akan terbit di akun G+ mu.
Kamu juga bisa masuk ke grup yang memiliki tema yang sama dengan konten blogmu, apabila kamu membahas tentang olahraga, maka bergabunglah dengan grup olahraga. Bergabunglah dengan grup yang bersih, moderator yang aktif dan jangan lupa untuk mematuhi aturan yang berlaku di grup tersebut.
SUpaya efektif kamu harus berperan dengan memberikan kontribusi dengan memberikan jawaban atas pertanyaan yang ada di grup tersebut. Ketika reputasi mu baik, maka pembaca sukarela mengunjungi blogmu tanpa harus kamu memintanya.
## Promosi di forum Online
Bergabunglah dengan forum forum yang baik dan sesuai dengan tema blogmu. Manfaatkan fasilitas di forum dengan baik, usahakan membuat konten di forum tidak sama persis dengan konten yang ada di blogmu, lakukan beberapa perubahan baik itu judul maupun isi kontennya. Juga jangan lupa menaruh backling pada konten di forum yang mengarah ke konten asli di blogmu.
5. Promosikan konten blog anda dalam bentuk berbeda
Kamu tidak harus menyajikan konten yang panjang di blogmu, kamu bisa menyajikannya dalam bentuk berbagai format. misalkan dalam bentuk video, PDF, dan sebagainya. Manfaat dengan menyajikan konten dengan cara yang berbeda akan mempermudah kita dalam mepromosikan blog. Hal ini akan membuat pembaca tidak jenuh karena menikmati informasi yang kamu beridkan dengan cara yang berbeda.
APabila konten yang kamu sajikan dalam bentuk video, maka bisa kamu bagikan di Youtube. Konten berbentuk Word bisa dibagikan di situs Scribd. Setiap koten yang kamu bagikan jangan lupa menyelipkan backlink yang mengarah ke konten asli di blogmu.
Ketika konten yang kamu bagikan pada situs populer yang bereputasi baik maka akan mudah terindex dan trafik yang mengarah ke blogmu juga akan semakin meningkat.
6. Blog Walking
Teknik klasik yang masih digunakan saat ini adalah blogwalking. Selain bisa meningkatkan trafik, dengan cara ini kamu bisa menjalin hubungan yang baik dengan blogger lain. Namun supaya memperoleh hasil yang baik, kamu harus tau teknik yang baik dalam melakukan promosi dengan blogwalking
Carany yaitu dengan melakukan blogwalking ke blog populer yang mempunyai tema yang sama dengan tema blogmu. Tinggalkan komentar yang cerdas dan relevan di blog yang kamu kunjungi, dengan meninggalkan komentar yang cerdas maka akan membuat pengunjung lain mengunjungi blog kamu bahkan si pemilik blog tersebut juga pasti akan mengunjungi blogmu
7. Melibatkan pembaca blog anda untuk mempromosikan
Terakhir, cara untuk mempromosikan konten di blogmu adalah dengan melibatkan peran pembaca supaya ikut mempromosikan konten blogmu. Melalui cara ini akan membuat kontenmu cepat terkenal. Lalu bagaimana caranya supaya pembaca dengan sukarela melakukan share atas konten yang kamu buat tersebut ??
- Berikan tombol share ke media sosial di blogmu, sehingga mempermudah pembaca untuk membagikan kotenmu di media sosial
- Sajikan konten berkualitas
- Sajikan koten panjang - Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh buzzsumo terhadap 1 juta konten, bahwa konten dengan jumlah kata lebih dari 2000 kata, memiliki peluang dishare lebih banyak.
- cara mempromosikan konten blog
Menurut analisa dari serp IQ, konten dengan posisi 1 sampai 10 dihasil pencairan memiliki lebih dari >3000 kata . Hal ini dengan jelas bahwa membuktikan konten yang panjang memberikan peluang lebih besar untuk menempati posisi pertama.
Promosi konten merupakan bagian dari aktivitas ngeblog yag tak dapat dipisahkan. Makin baik teknik promosi yang kamu lakukan dampaknya yaitu meningkatnya reputasi blogmu dan juga meningkatnya visitors ke blogmu.
Banyak sekali teknik yang bisa digunakan untuk mempromosikan blogmu, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Tapi apapun teknik yang kamu gunakan, pastikan optimalkan langkah awal yaitu kualitas konten yang bermutu.
Nah itu adalah
Demikian uraian mengenai 7 Langkah Tepat Mempromosikan Konten Blog dengan Efektif

Belum ada Komentar untuk "7 Langkah Tepat Mempromosikan Konten Blog dengan Efektif"
Posting Komentar